Apa Itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin
Logo Bitcoin

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat  saat ini telah ikut juga mempengaruhi teknologi mata uang. saat ini banyak orang yang membicarakan Bitcoin, tentunya karena nilainya yang sangat fantastis. harga percoin 47 juta pada 25 mei 2017, namun dari keramaian yang ada tidak semuanya sudah tau tentang Bitcoin. Lalu apa sih bitcoin itu?

Sederhananya Bitcoin merupakan mata uang virtual yang hanya ada dalam bentuk digital. Ia berdiri sebagai mata uang sediri, tidak diatur ataupun dipengaruhi oleh regulasi pemerintah ataupun lembaga keuangan manapun. Walaupun Bitcoin berfungsi sebagai alat pembayaran, ia tidak mempunyai wujud fisik seperti lembaran uang kertas ataupun koin yang ada di dompet Anda. Tapi fungsinya sama, sebagai alat pembayaran. Bitcoin juga dapat diuangkan ke dalam mata uang resmi/konvensional.

Bitcoin juga merupakan digital currency yang bersifat decentralized. Maksudnya, tidak seperti Rupiah milik indonesia yang dikawal oleh Bank Central yaitu Bank Indonesia (BI), Bitcoin bersifat terbuka.

Ide pengembangan Bitcoin dini dipengaruhi idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi. Pemerintah dipercaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korup dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi, sehingga keputusan-keputusan finansial selalu berpihak kepada konglomerat belaka.

Dalam perannya di proses jual beli, Bitcoin dapat menjadi alternatif yang menawarkan sejumlah kemudahan. Menggunakan Bitcoin setiap pihak dapat merahasiakan privasi data-data yang dimiliki setiap melakukan pembayaran. Konsumen tidak perlu lagi menginformasikan data pribadi dan data keuangan setiap kali melakukan transaksi online.

Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat, yang artinya ia dapat ditransfer ke manapun selama ada jaringan internet. Mata uang yang dimiliki oleh seseorang nantinya akan disimpan di suatu aplikasi bernama Bitcoin Wallet. Jadi, Anda tidak akan menerima uang dalam wujud fisik apapun selain berupa aplikasi di gadget Anda. Aplikasi ini harus terpasang di komputer, tablet atau smartphone penerima dan pengirim. Selanjutnya pemilik Bitcoin akan mendapatkan yang namanya Bitcoin Address yang berguna untuk menerima kiriman Bitcoin seperti layaknya alamat email. Seluruh komputer yang terhubung ke jaringan Bitcoin akan menjadi pengatur sekaligus yang memverifikasi data transaksi guna mencegah terjadinya kecurangan.

Ada dua cara mendapatkan Bitcoin secara legal, pertama dengan cara membeli dari exchanger yang resmi. Kedua dengan mengikuti Bitcoin mining. Apabila Anda ingin yang cepat dan mudah, pilihlah metode yang pertama. Karena cara kedua membutuhkan komputer canggih yang disebut Application-Specific Integrated Circuit (ASIC) dan prosedurnya pun tidak mudah.